Suami Istri: Pendekatan Pembagian Peran.

Suami dan Istri: satu hati, satu tim.

Sebagai sebuah keluarga, saya dan istri sering berkunjung kepada keluarga-keluarga baru. Banyak yang bisa didapat, serta banyak hal baru untuk dipelajari.

Secara tidak disengaja, sejak awal berumah tangga saya dan istri sudah berbagi peran. Dan, peran tersebut hampir benar-benar dibagi semenjak lahirnya si bayi. Read More

Membuat Arena Bermain Anak (dari Pipa PVC)

Mengingat bocah kecil yang sudah merangkak kemana-mana, perlu saya bikin pengamanan. Saya pun riset terkait DIY arena bermain si kecil. Hasilnya, diperoleh arena bermain 2×2 meter terbuat dari full pipa PVC. Mengapa pipa PVC semua? Mengapa tidak menggunakan kombinasi kain dan sejenisnya? Tentu karena menyesuaikan karakteristik bocah kecil saya yang agresif.

Singkat saja, ini specs bahan baku yang digunakan (mencontek ukuran dari beberapa website): Read More

Pencarian Mobil yang Cocok untuk Harian

Hidup sebagai keluarga baru tentunya memerlukan banyak penyesuaian. Seperti ketika saya mengawali kehidupan berumah tangga. Terlebih, berumah tangga di kota Jakarta. Kota dengan jalanan yang panas dan berdebu. Kurang bersahabat buat ibu hamil.. setidaknya menurut saya.

Memperikirakan istri yang akan hamil, saya pun melakukan beberapa persiapan. Salah satunya sarana transportasi. Ga tega kelak melihat istri yang perutnya membesar, saya mencoba mempersiapkan dengan mencari mobil seken. Saya pikir yang penting ada dulu deh. Ga keujanan, ga kepanasan. Low price and low maintenance. Duit ditabung buat lahiran. Yang penting kelak ibu dan bayi bisa selamat dan sehat.

Jatuhlah pilihan saya kepada.. Read More

“Manajer” Angkot: “Pusing juga yang punya usaha…”

Di suatu siang yang panas. Di bengkel cuci motor. Jakarta Selatan.

Saya: “Bang, yang jual rokok deket sini, dimana bang?”

Abang: “Itu tuh di sebelah. Yang ada kulkas minumannya.”

Saya: “Makasih, Bang.”

— 5 menit kemudian —

Saya: “Ini jadwal ganti oli buat angkot-angkot ini ya, bang? (sambil menunjuk jadwal yang terpampang di dinding.” – di lokasi terdapat 1 angkot di garasi, 1 mobil avanza, dan 4 angkot berjejer di pinggir jalan.

Abang: “Iya, biar terjadwal gitu.”

Saya: “Kalo gini, supirnya asli dari mana aja, bang?

Abang: “Macem-macem, ada Jawa, Sunda, Sulawesi.”

Saya: “Wah, beragam ya, bang.”

Abang: “Iyah. Tapi beberapa lagi libur nih. Tuh. (sambil menunjuk angkot yang berjejer di pinggir jalan).”

Saya: “Emang ga ada yang narik, bang?” Read More