“Manajer” Angkot: “Pusing juga yang punya usaha…”

Di suatu siang yang panas. Di bengkel cuci motor. Jakarta Selatan.

Saya: “Bang, yang jual rokok deket sini, dimana bang?”

Abang: “Itu tuh di sebelah. Yang ada kulkas minumannya.”

Saya: “Makasih, Bang.”

— 5 menit kemudian —

Saya: “Ini jadwal ganti oli buat angkot-angkot ini ya, bang? (sambil menunjuk jadwal yang terpampang di dinding.” – di lokasi terdapat 1 angkot di garasi, 1 mobil avanza, dan 4 angkot berjejer di pinggir jalan.

Abang: “Iya, biar terjadwal gitu.”

Saya: “Kalo gini, supirnya asli dari mana aja, bang?

Abang: “Macem-macem, ada Jawa, Sunda, Sulawesi.”

Saya: “Wah, beragam ya, bang.”

Abang: “Iyah. Tapi beberapa lagi libur nih. Tuh. (sambil menunjuk angkot yang berjejer di pinggir jalan).”

Saya: “Emang ga ada yang narik, bang?”

Abang: “Ada sih, cuman kalo minggu gini biasanya pada ga narik aja. Beda mas sama jaman sebelum ada Taksi Online ama Ojek Online dulu.”

Saya: “Gimana tuh, bang?”

Abang: “Kalo jaman dulu, rame. Pendapatan lumayan lah. Dulu, kalo Senin-Jumat setoran per angkot Rp200.000. Sabtu-Minggu baru Rp180.000.”

Saya: “Kalo sekarang, bang?”

Abang: “Yahh, kalo sekarang Senin-Jumat setoran per angkot udah diturunin targetnya. Jadi Rp180.000. Sabtu-Minggu jadi Rp150.000.”

Saya: “Wah jadi malah turun gitu ya, bang?”

Abang: “Ya, iya. Semenjak ada Taksi Online ama Ojek Online. Ini saking sepi penumpang, anak-anak ga pada narik. Saya juga bisa ngawasin soalnya. Trayek angkot ini kan lewat depan sini. Tuh.. tuh.. liat tuh.. (sambil menunjuk yang lewat) Kosong kan, mas? Ga usah jauh-jauh deh, anak sekolah aja sekarang pulang pada pesen pake aplikasi. Ini SD Muhammadiyah dulu penuh mas. Sekarang paling dua sampe tiga penumpang doang.”

Saya: “Wih gitu ya, bang.”

Abang: “Iyah, pake aplikasi kan langsung sampe rumah.”

Saya: “Kalo uang yang dibawa pulang supir, rata-rata berapa, bang?”

Abang: “Yah gini aja.. Setoran wajib kan Rp180.000. Bensin sekitar Rp200.000 lah buat narik seharian. Ya lebihnya dari itu buat supir.”

Saya: “Oh gitu.. Tapi kalo setoran ke kantor ketutup, bang?”

Abang: “Ya, bayangin.. ini beberapa kita leasing. Bayar leasing Rp5.000.000 per bulan. Misal deh, setoran supir sehari dibikin Rp180.000, dikali 30. Dapetnya Rp5.400.000 per bulan. Lebihnya cuma Rp400.000, mas, per bulan. Nah, buat servis dan lain-lain? Ga ketutup, mas. Belum lagi buat yang tak terduga, misalnya kena tilang.”

Saya: “Wah ada juga angkot kena tilang, bang?”

Abang: “Banyak, mas. Kederek juga banyak. Ini (sambil menunjuk 4 angkot terparkir di pinggir jalan) kalo hari Senin pasti udah di derek ama Dishub, mas. Ngambilnya pake duit Rp505.000. Kebetulan ini Minggu, jadi Dishub libur. Kalo Senin-Jumat pasti udah diderek, berapapun jumlah angkotnya.”

Saya: Kalo seperti itu yang bayar siapa, bang?”

Abang: “Yang bayar, ya, yang punya. Supir sih kebanyakan ga bawa duit. Jadi yaa, memang yang ga terduga itu banyak. Belum lagi rental, ini kan ada usaha rental mobil juga mas. Nih nganggur (sambil menunjuk satu unit avanza).”

Saya: “Oh, ini mobil buat rental ya.”

Abang: “Iya, tadinya rental rame, sekarang sepi. Semua udah milih pake aplikasi (Taksi Online), mas. Pusing juga yang punya usaha..”

Saya: “Abang yang punya?”

Abang: “Bukan mas, saya yang narikin duit dari supir-supir aja. Sambil ngatur servis masing-masing kendaraan, mas.”

Saya: “Wah, manajer dong, bang?”

Abang: “Hahaha. Manajer masa kayak gini.”

Saya: “Haha. Duluan, bang. Motor udah selesai dicuci nih.” (sambil mematikan rekaman video pembicaraan ini).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 comments

  1. deady · September 4

    you recorded the conversation for sure????

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s