Berkenalan dengan Krav Maga

Sejak pindah ke kantor baru beberapa waktu silam, saya mulai mencari kegiatan seru di lingkungan kantor. Akhirnya, saya temukan satu kegiatan yang benar-benar menarik, yakni Krav Maga.

Krav Maga? Apa tuh, bro?

Nah, saya ambil penjelasan dari KravMaga101 nih, bro:

Krav Maga adalah sistem bela diri pertempuran jarak dekat atau sistem proteksi diri di dunia yang di khususkan untuk pertarungan yang sebenarnya. Krav Maga bukan cabang olahraga, karena itu Krav Maga tidak dipertandingkan.

Krav Maga di kantor saya (kantor pajak) awalnya hanya ditujukan untuk para penyidik. Namun, kini mulai dibuka untuk umum. Seperti bisa dilihat pada akun instagram yang baru rilis berikut: instagram.com/taxkravmaga

Sekalian mengenalkan, klub Krav Maga di kantor saya tersebut berada di bawah bimbingan serta dilatih langsung oleh Head Instructor Moses Lie, founder Fist Krav Maga. (fistkravmaga.com)

Denger-denger sih, Krav Maga ini brutal. Saya pun penasaran dan mencobanya. Setelah dijalani, bener juga. Cukup berbeda dibanding beladiri yang pernah saya ikuti sebelumnya. Bayangkan, kita dibolehkan menyerang ke bagian tubuh apapun sepanjang memenuhi syarat simpel dan efektif. Apapun.

Terdengar sadis, namun hal tersebut akan sangat berguna ketika kita menghadapi kejahatan di jalanan/kehidupan sehari-hari.

Jika saya perhatikan, dibanding beladiri lain, Krav Maga memang lebih dekat dengan real violence. Krav Maga lebih martial ketimbang art.

Kembali ke simpel dan efektif tadi, untuk mencapainya kita perlu menguasai prinsip-prinsip Krav Maga. Nah, ini prinsip-prinsip Krav Maga yang saya ambil dari Protect:

1. Neutralize the threat. Krav Maga berfokus menetralisir serangan dengan penyelesaian secepat mungkin. Jika perlu, mengabaikan etiket yang ada dalam pertarungan. You do whatever you have to do to preserve your life.

2. Keep it simple. Krav Maga ga punya patternJust strikes, holds, and blocks. Didesain sesimpel mungkin sehingga bisa digunakan seketika.

3. Simultaneous defense and attack. Beda dengan beladiri lain yang memisahkan antara serangan dan bertahan, Krav Maga melakukannya bebarengan. Bertahan sekaligus menyerang. Dan sebaliknya. Contohnya, ketika lawan mencoba mencekik, kita tidak hanya berusaha menghentikan serangannya, namun juga dibarengi dengan menyerang, semisal groin kick ataupun mencongkel matanya. Selain Krav Maga, beladiri yang juga mempunyai pertahanan dan penyerangan yang simultan adalah Wing Chun.

4. Retzev, or continuous motion. Istilah gampangnya, menyerang tanpa berhenti. Tujuannya, lagi-lagi, untuk menetralisir. Retzev ini menitikberatkan pada insting. Ketika seseorang sudah terlatih Krav Maga dengan baik, maka dia akan mampu melakukannya secara natural dan tanpa keraguan.

5. Use of weapons of opportunity. Apapun bisa jadi senjata di Krav Maga. Kunci motor, sabuk, pulpen, semuanya. Harapannya, serangan lawan dapat dinetralkan dengan segera.

6. Weapon defense. Selain diajarin bagaimana cara menggunakan senjata. Krav Maga juga mengajarkan bagaimana cara meredam serangan pisau, senjata api, dan sebagainya. Tentu saja, dengan ringkas dan efektif.

IMG-20160318-WA0006

7. Focus on vulnerable soft tissue and pressure points. Yap. Krav Maga menekankan pada penyerangan terhadap titik lemah dari penyerang. Lagi-lagi, bisa dengan mencongkel mata, menendang kemaluan, ataupun meninju tenggorokan. Mungkin dari kita berpikir “Ah, nggak manly dong kalo demikian.” Mungkin. Tetapi, saya masih ingat tanggapan bro Moses Lie atas pernyataan sejenis. “Ngapain kita harus mikir-mikir ketika melakukan serangan tersebut, sementara lawan kita aja nggak mikir ketika melukai ataupun membunuh kita.” You can’t worry about fighting etiquette or what’s ‘manly’ when your life is at stake, bro.

8. Subduing techniques. Teknik kuncian dan cengkeraman dipakai pula di dalam Krav Maga. Hal tersebut dimaksudkan untuk meraih kontrol pertarungan serta menempatkan kita di posisi menetralkan ancaman.

Selain memahami prinsip-prinsip serta melatih teknik, terdapat pula latihan combat fitness yang berfungsi untuk menambah kekuatan serangan dan meningkatkan stamina (stamina dituntut mampu bertahan lama, karena fighting itu melelahkan).

IMG-20160311-WA0030

Kira-kira demikian, gambaran perkenalan saya dengan Krav Maga.
Seru dan sadis, bukan? Yuk, join Tax Krav Maga 👊👊👊. Kita latihan setiap jumat jam 06:30 sampai selesai. Lokasi berganti-ganti, di lapangan tennis, di auditorium, ataupun di galeri Kantor Pusat Ditjen Pajak.

“When self defense becomes complicated, it is no longer self defense.” R. Hoover

Salam 👊👊👊,

Guntur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s